Kamis, 08 April 2010

PACKET TRACER




Seseorang belajar jaringan komputer, terkadang hingga membeli beberapa alat jaringan. Ini akan cocok buat mereka yang memiliki banyak lembar rupiah. Bagaimana buat mereka tidak memiliki dana yang cukup, tetapi hasrat untuk belajar jaringan komputer sangat tinggi. Untuk itu, ada sebuah aplikasi yang mampu membuat simulasi jaringan komputer, yaitu Packet Tracer. Program ini dikeluarkan oleh Cisco, perusahaan terkenal yang bergerak dalam bidang jaringan komputer.

Pada aplikasi tersebut, disediakan simulasi perangkat jaringan, seperti PC, Router, Hub, Switch, kabel, Access Point, dll. Hanya saja contoh simulasi beberapa perangkat jaringan pada aplikasi tersebut merupakan perangkat yang dikeluarkan oleh perusahaan Cisco.
Karena program ini merupakan simulasi jaringan, aplikasi ini juga disediakan konfigurasi untuk setiap perangkat. Contoh berikut konfigurasi dari Router yang ada pada aplikasi Packet Tracer.


Pada gambar diatas terlihat beberapa konfigurasi Router. Disana terdapat penambahan komponen (module) pada Router, mengkonfigurasi alamat IP, dan tak kalah pentingnya bahkan juga disediakan CLI (Command Line Interface), yaitu mengatur dan mengkonfigurasi Router dengan melalui baris-baris perintah. Mengenai CLI ini, merupakan CLI yang dibuat oleh Cisco untuk perangkat jaringan yang dikeluarkan. Dengan demikian, untuk belajar CLI perangkat yang dikeluarkan oleh Cisco, tidak perlu lagi harus membeli perangkat keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar